• Pelatihan Jurnalistik: Langkah Menulis Berita "Stright News"


    Pelatihan Dasar-Dasar Jurnalistik
    Pemateri: Ludhy Cahyana, S.Sos
    Biro Publikasi, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Senkom Mitra Polri Jawa Timur
    Surabaya, 24 Februari 2019

    Data dari APJII 2017 mnyampaukan pengguna internet saat ini mencapai 143 juta dari 262 juta penduduk Indonesia. Hal ini kata Ludhy, media menjadi alat terbaik dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Bayangkan jika anggota senkom bisa mengirimkan satu informasi saja, maka dalam sehari sudah berapa banyak informasi dan berita yang tersampaikan kepada masyarakat.

    Menyampaikan berita atau informasi tidak hanya sekedar menyampaikan berita, tetapi lebih pada membangun citra, karena kita bersifat sebagai humasnya senkom.

    Tahapan menulis berita:
    1. Riset
    Menulis berita harus mengetahui kenapa menulis berita. Budaya riset yang sampai sekarang menjadi budaya media digunakan oleh dua media besar, yaitu kompas dan tempo, kata Ludhy. Riset bisa didapat melalui riset pustaka, googling, observasi dan diskusi.

    Berita didapat juga melalui wawancara dengan cara tatap muka, door stop, janjian dan wawancara dengan telepon. Untuk mendapatkan wawancara yang baik, Ludhy menyarankan untuk mempersiapkan diri dengan isu permasalahan dengan baik. Tentu saja kita harus bisa melihat situasi dan kondisi yang baik.

    Rumus wawancara menggunakan 5W1H
    5W1H (what, who, when, where, why, how) menjadi rumus dalam pembuatan berita walaupun dalam proses mendapatkannya bisa dilakukan tanpa berurutan. Sederhananya berita melalui wawancara artinya memindahkan hasil wawancara 5W1H kedalam berita.

    Lanfkah Menulis Berita (Straigh News)

    • Membuat angel
    • Membuat judul
    • Membuat lead
    • Membuat tubuh berita
    • Membuat penutup

    Angel adalah sudut pandang berita, yang berfungsi sebagai sudut pandang dalam menentukan judul.

    Judul agar tidak terjebak sebagai pengumuman dapat dilihat sebagai: kutipan yang paling menarik, fenomena/fakta menarik, gunakan clickbait, jangan lebih dari 8 kata dan buat judul sekreatif mungkin.

    Membuat Lead / Kepala Berita
    Gunakan elemen 3W yang paling menarik
    Gunakan angka dan data
    Beropini berdasarkan fakta (jurnalistik intepretatif)
    Terdiri dari 2-3 kalimat
    Fungsi dari lead dalam berita adalah untuk memepercantik berita.

    Selanjutnya membuat tubuh berita dan penutup.

    Lebih mudahnya dalam membuat berita tidak lepas dari unsur 5W+1H.


  • 1 komentar:

    1. Artikel yang sangat bermanfaat & bisa menjadi pedoman utk penulis utk meningkatkan daya literasi masyarakat

      BalasHapus

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Kami putra-putri Indonesia, berbakti pada negara.... kamilah senkom mitra polri, bekerja sepenuh hati.... marilah bersama kita giatkan, pembangunan nusa bangsa..... untuk menuju masyarakat, tarta tentram kerta raharja...... pegang terus semboyan kita, menembus jarak tanpa batas....... tak gentar bela kebenaran, tuk wujudkan keamanan...... marilah bersama kita giatkan, pembangunan nusa bangsa..... untuk menuju masyarakat, tarta tentram kerta raharja